STAIDA PAYAKUMBUH GELAR SEMINAR BAHASA ARAB

PERKULIAHAN SEMESTER GENAP T.A 2015/2016 RESMI DIBUKA

Sabtu(6/2), SekolahTinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh menggelar seminar Bahasa arab dalam rangka pembukaan perkuliahan semester genap tahun akademik 2015/2016. Seminar Bahasa arab ini dilaksanakan di aula MTI Koto Panjang dan diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari guru-guru Bahasa Arab tingkat MI, MTs,  MA sederjat yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota serta dosen, karyawan dan seluruh mahasiswa dengan narasumber DR. AguswanRasyid, Lc, MA.  Pada seminar hari ini,  tema yang diusung adalah metodologi pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, SSI.MA dalam sambutan nya menyebutkan bahwa STAIDA Payakumbuh selalu melaksanakan kegiatan seminar dalam rangka pembukaan perkuliahan setiap awal semester, pada semester ganjil kita mengakat seminar dengan tema yang berkaitan al Qur’an dan pada semester genap kita mengangkat seminar dengan tema seputar Bahasa Arab, sesuai dengan program studi yang ada di kampus kita, yaitu Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, ujarnya

Dalam orasi ilmiahnya, DR. Aguswan Rasyid menyampaikan bahwa menguasai metodologi pengajaran sangat penting bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa, sehingga siswa bias memahami materi pembelajaran dengan baik. Menurutnya ada tiga metode yang bias dipakai oleh guru dalam mengajarkan Bahasa Arab. Pertama, metode qiyasiyah (analogi/perbandingan),dimana guru memulai pelajaran dengan menjelaskan kaedah dan diiringi dengan contoh-contoh. Kedua, metode istiqraiyah, metode ini kebalikan dari metode yang pertama. Metode ini diawali dengan contoh-contoh, setelah itu baru guru menjelaskan kaedah-kaedahnya. Ketiga,  metode nusushadaby (analisateks/naskahsastra).Inilah beberapa metode pembelajaran Bahasa arab yang bias diterapkan oleh guru dalam mengajar, dan metode yang paling baik adalah gabungan antara metode qiyaisyahdanistiqraiyah, ujarnya.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*