Visi dan Misi

1. Visi                                                                          

Visi STAIDA Payakumbuh adalah Menjadi perguruan tinggi Islam yang berkualitas dengan lulusan yang berakhlakul karimah, dibutuhkan oleh masyarakat serta mempunyai daya saing tinggi bersama perguruan tinggi Islam lainnya.

2. Misi

Misi STAIDA Payakumbuh adalah Menghasilkan kader ulama yang sarjana, professional dalam bidang ilmu agama Islam terutama al-Qur’an dan tafsir, hafal dan mampu membacanya dengan benar serta memiliki kemampuan akademik yang luas tentang bahasa Arab.

3. Tujuan

  1. Mendidik dan membina generasi muda Islam untuk cinta Al-Qur’an, membacanya dengan benar dan baik, memahami kandungannya, menghafal ayat-ayatnya serta merealisasikan semua ajaranya  kedalam bentuk tindakan sehari-hari. (Al-Qur’an menjadi bacaan, hafalan, ajaran, amalan, panutan serta imam sepanjang zaman).
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman terutama Al-Qur’an, tafsir dan bahasa Arab serta ilmu ilmu kependidikan lainnya untuk mencapai kejayaan Islam.

Untuk mewujudkan misi serta tujuan di atas, perlu disusun sebuah kurkulum yang baik dan mumpuni dengan tetap mengacu kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, yaitu; Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2000 tentang Standar Nasional Pendidikan, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/u/2000 Tentang Pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/u/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 353 tahun 2004 tentang Kurikulum Pendidikan Tinggia Agama Islam.