Program Beasiswa Baznas Kab. Lima Puluh Kota

  • LATAR BELAKANG

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman “Hendaklah ada di antara umat ini yang benar-benar mau mendalami agamanya (tafaqquh fiddin) agar nanti mereka bisa kembali dan memberi pelajaran kepada masyarakatnya, dan menyelamatkan mereka dari kesesatan. (surat at-taubah; 122).” Mengamalkan ayat ini perlu kesadaran bersama dan dukungan dari seluruh pihak.

Berbekal keinginan untuk membangkitkan kembali kejayaannya Luak Limo Puluah Kota dan Kota Payakumbuh sebagai “gudangnya” para ulama dan ahli-ahli al-Qur’an, maka berdirilah Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh yang mempunyai misi ingin “Menghasilkan kader ulama yang sarjana, profesional dalam bidang ilmu agama Islam terutama al-Qur’an dan tafsir, hafal dan mampu membacanya dengan benar serta memiliki kemampuan akademik dan wawasan luas tentang bahasa Arab”.

  • PROGRAM BEASISWA

Bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lima Puluh Kota, melalui program peningkatan kualitas SDM, menyediakan beasiswa bagi calon-calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi yang berasal dari seluruh penjuru Kabupaten Lima Puluh Kota untuk dididik di STAIDA Payakumbuh menjadi calon-calon ulama dan ahli-ahli al-Qur’an serta bahasa Arab di masa depan yang akan menjadi suluh bagi umat setelah meraka kembali nantinya ke kampung masing-masing.

Program beasiswa yang akan diberikan adalah berupa bantuan biaya pendidikan (beasiswa) dari zakat para muzakki selama 8 semester (Sarjana).

  • PROGRAM STUDI/JURUSAN YG BISA DIIKUTI
    • S.1 Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) fakultas Ushuluddin
    • S.1 Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) fakultas Tarbiyah

 

  • MEKANISME DAN PERSYARATAN

Calon mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota dapat mendaftar langsung ke STAIDA Payakumbuh dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Penduduk Kab. Lima Puluh Kota dibuktikan dengan KTP/Kartu Keluarga/Keterangan dari wali nagari
  2. Foto Kopi Ijazah SMA/MA/Sederajat (dilegalisir rangkap 5)
  3. Pas foto 3×4 sebanyak 5 Lembar
  4. Lulus tes Tilawah/Bacaan al-Qur’an
  5. Memilih salah satu Program Studi yang ditawarkan di STAIDA

 

  • PENDAFTARAN
  1. WAKTU : Mulai Sekarang s.d 10 Agustus 2014, setiap hari dan jam kerja
  2. UANG PENDAFTARAN : Rp. 150.000,-
  3. UANG KULIAH : Rp. 500.000,- per semester (dibayar setelah lulus)
  4. TEMPAT : Kampus STAIDA Payakumbuh d/a Komplek MTI Koto Panjang Lampasi Kec. Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh telp. 0752. 95510

 

Payakumbuh,     Maret 2014

Plh. Ketua STAIDA,                           Ketua BAZNAS Kab. Lima Puluh Kota,

ttd.                                                                  ttd.

Fahrul Usmi, SIQ, M.Ag                           H. Jayusman Dt.M.S.J, M.M.Pd

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>