LOMBA TAHFIZ 3 JUZ WARNAI MILAD STAIDA PAYAKUMBUH KE-8

Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh menggelar lomba tahfiz antar SLTA se-Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam rangka memeriahkan milad ke-8 perguruan tinggi tersebut. Kegiatan yang berlangsung di Kampus baru STAIDA Payakumbuh Jalan Khatib Sulaiman Kelurahan Limbukan pada hari senin (5/11) tersebut diikuti oleh pelajar yang berasal dari SMA/MA yang ada di kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA menyebutkan bahwa STAIDA Payakumbuh adalah kampus kampus yang didirikan oleh Pemko Payakumbuh bersama tokoh masyarakat pada tahun 2010 yang lalu merupakan kampus yang identik dengan al Qur’an sehingga dinamai dengan STAI Darul Qur’an yang berarti kampung al Qur’an. Sehingga dengan demikian, sebagai kampus al Qur’an STAIDA bertekad melahirkan generasi penghafal al Qur’an dan mampu memahami isi kandungannya. Sehingga di STAIDA Payakumbuh ada mata kuliah yang fokus kepada al Qur’an seperti Tahfiz, Nagham al Qur’an, ilmu qira’at, dll. Hal ini juga sejalan dengan visi misi Pemko Payakumbuh menjadikan payakumbuh sebagai kota penghafal al Qur’an. Mudah-mudahan dengan lomba tahfiz 3 juz antar SLTA ini semangat menghafal al Qur’an siswa meningkat dan mereka termotivasi untuk terus menghafal. Harap Deski.

Sementara itu, Ketua panitia Efizal, MA mengatakan bahwa untuk lomba tahfiz ini panitia memakai Dewan Hakim Provinsi Sumatera Barat yang juga Dosen STAIDA Payakumbuh, yaitu Ust. M. Ridho, MA dan Ust. Sepdiwasih, S.MIQ. Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia memberikan penghargaan kepada seluruh peserta berupa undangan mengikuti acara seminar menghafal al Qur’an sepuluh jari secara gratis pada tanggal 10 November 2018 yang bertempat di Aula Kemenag Kota Payakumbuh. Kepada para hafiz dan hafizah yang hadir pada hari ini kami undang untuk menghadiri seminar menghafal al Qur’an sepuluh jari. Jelasnya.

Lebih lanjut, Efizal menyampaikan terimakasih kepada sekolah/madrasah yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan milad ke-8 STAIDA Payakumbuh tahun ini. Semoga kegiatan ini bisa menjalin silaturahmi antara STAIDA Payakumbuh dengan Sekolah/Madrasah yang ada di Sumatera Barat, sekaligus peserta yang ikut hari ini bisa melanjutkan studi ke STAIDA Payakumbuh dengan memilih jurusan/prodi Ilmu al Qur’an dan Tafsir serta Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Harapnya.

Sementara itu, diakhir perlombaan dewan juri yang diwakili oleh H. Muhammad Ridho, MA menyampaikan hasil perlombaan dimana kelompok tahfiz putera juara satu diraih oleh nomor lot 06 atas nama Muhammad Hasanuddin dari SMA ICBS Payakumbuh, juara dua diraih nomor lot 15 atas nama Yahya Habiburahman dari MAN 2 Payakumbuh dan juara tiga diraih oleh pemegang nomor lot 13 atas nama Abdus Salim dari MAS al Makmur Tungkar.  Selanjutnya kelompok tahfiz putri juara satu diraih oleh nomor lot 04 atas nama Eliza Amalia dari SMA ICBS Payakumbuh, juara dua diraih nomor lot 01 atas nama Nuzul Laila Qodri dari SMAN 2 Payakumbuh dan juara tiga diraih oleh pemegang nomor lot 14 atas nama Jamilatul Fitri dari MAN 2 Payakumbuh. Pada hakikatnya semua peserta sudah tampil maksimal dan bahkan ada yang sudah hafal 10 juz, tapi untuk perlombaan tahun ini merekalah yang keluar sebagai hafiz dan hafizah terbaik, jelasnya.e50b1387-49ed-4a1e-a98a-6c96adeceae6

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>