Al Quran Bisa Cegah Kepikunan

Kepala Kementerian Agama Payakumbuh Asra Faber, Minggu (6/9), memberi kuliah umum kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Al Quran (STAIDA) yang memulai perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2015/2016.

Dalam kuliah umum yang berlangsung di aula MTI Koto Panjang Lampasi itu, Asra Faber memotivasi mahasiswa STAIDA agar terus menghafal Al Quran. Karena, menurutnya, manfaat membaca Al Quran sangat banyak.

“Di antaranya, bisa mencegah dari kepikunan. Dan secara ekonomi peluang kerja para hafiz Al Quran juga banyak. Karena saat ini banyak sekolah yang butuh guru-guru tahfiz untuk membina siswa dalam menghafal Al Quran. Ini peluang yang bagus untuk mahasiswa STAIDA,” ucap Asra Faber.

Mantan Kakan Kemenag Agam ini juga menyampaikan ide menghafal Al Quran, one day one ayat (satu hari satu ayat), untuk pelajar SD hingga SLTA. “Kalau ini terwujud, akan lahir para hafiz-hafiz Al Quran. Dan akan berpengaruh kepada cara belakar maupun akhlak siswa,” ujar Asra.

Ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski menyebutkan, tema yang diusung dalam kuliah umum ini adalah Al Quran dan bahasa Arab. Sesuai dengan jurusan yang ada di STAIDA. Yaitu, Ilmu Al Quran dan Tafsir, serta Pendidikan Bahasa Arab.

Ahmad Deski yang didampingi Wakil Ketua I  Fahrul Usmi dan Wakil Ketua II Devitra menyebutkan, peluang mahasiswa dan alumni STAIDA sangat ini sangat besar.

Banyak sekolah di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, meminta tenaga ke STAIDA membina tahfiza dan baca Al Quran.  Termasuk, YPI Raudhatul Jannah. (*)

 

Wartawan : Fajar Rilah Vesky – Padang Ekspres – Editor : Riyon – 08 September 2015 11:00 WIB

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>